Silabus
Sekolah : SMP N 3 Cipanas
Kelas : VIII
Mata Pelajaran : Matematika
Semester : I (satu)
Standar Kompetensi : ALJABAR
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||||||||||||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||||||||||
1.1 Melakukan operasi aljabar | Bentuk aljabar | Mendiskusikan hasil operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar (pengulangan) | · Menyelesaikan operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar | Tes tulis | Uraian | Sederhanakanlah : (2x + 3) - (6x – 4) | 2x45 menit | Buku teks | ||||||||||
Mendiskusikan hasil operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar (pengulangan) | · Menyelesaikan operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar | Tes tulis | Uraian | Sederhanakanlah : (x - 8)(2x – 1) | 2x45 menit | |||||||||||||
1.2 Mengurai kan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya | Bentuk aljabar | Mendata faktor suku aljabar berupa konstanta atau variabel | · Menentukan faktor suku aljabar | Tes lisan | Uraian | Sebutkan variabel pada bentuk-bentuk berikut:
| 2x45 menit | |||||||||||
Menentukan faktor-faktor bentuk aljabar dengan cara menguraikan bentuk aljabar tersebut | · Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya | Tes tulis | Uraian | Faktorkanlah:
| 2x45 menit | |||||||||||||
1.3 Memahami relasi dan fungsi | Relasi dan fungsi | Menyebutkan hubungan yang merupakan suatu fungsi melalui masalah sehari-hari, misal hubungan antara nama kota dengan negara/propinsi, nama siswa dengan ukuran sepatu | · Menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi | Tes lisan | Uraian | Berikan beberapa contoh fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi ! | 2x45 menit | Buku teks Lingkung-an | ||||||||||
Menuliskan suatu fungsi menggunakan notasi | · Menyatakan suatu fungsi dengan notasi | Tes tulis | Uraian | Dalam waktu satu menit seseorang mampu mengetik 500 kata sehingga dalam selang waktu t menit, ia akan mampu mengetik 500t kata. Nyatakan data tersebut dengan notasi fungsi ! | 2x45 menit | |||||||||||||
1.4 Menentu kan nilai fungsi | Fungsi | Mencermati cara menghitung nilai fungsi dan menghitung nilai fungsi. | · Menghitung nilai fungsi | Tes tulis | Isian | Jika f(x) = 4x -2, maka nilai f(-2) adalah .... | 2x45 menit | |||||||||||
Menyusun suatu fungsi jika nilai fungsi dan data fungsi diketahui | · Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui | Tes tulis | Uraian | Jika f(x) = ax + b, f(1) = 3 dan f(2) = 4, maka tentukan rumus fungsi f(x) | 2x45 menit | |||||||||||||
1.5 Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius | Fungsi | · Membuat tabel pasangan antara nilai peubah dengan nilai fungsi · Menggambar grafik fungsi aljabar dengan cara menentu-kan koordinat titik-titik pada sistem koordinat Cartesius | · Menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi Menggambar grafik fungsi pada koordinat Cartesius | Tes tulis Tes tulis | Isian Uraian | Diketahui g(x) = -2x + 3. Lengkapilah tabel berikut:
Dengan menggunakan tabel gambarlah grafik fungsi yang dinyatakan dengan f(x) = 3x + 1 | 2x45 menit 2x45 menit | |||||||||||
1.6 Menentu- kan gradien, persamaan garis lurus | Garis Lurus | Menemukan pengertian dan nilai gradien suatu garis dengan cara menggambar beberapa garis lurus pada kertas berpetak | Mengenal pengertian dan menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk | Tes tulis | Uraian | Bila sebuah garis melalui titik A(3,5) dan titik B(6, -2), maka hitunglah gradien garis itu. | 2x45 menit | |||||||||||
Menemukan cara menentukan persamaan garis yang melalui dua titik, melalui satu titik dengan gradien tertentu | Menentukan persamaan garis lurus yang melalui dua titik, melalui satu titik dengan gradien tertentu | Tes tulis | Isian | Persamaan garis yang melalui titik (0,3) dan mempunyai gradien -3 adalah ... . | 2x45 menit | |||||||||||||
Menggambar garis lurus jika - melalui dua titik - melalui satu titik dengan gradien tertentu - persamaan garisnya diketahui | Menggambar grafik garis lurus | Tes tulis | Uraian | Gambarlah garis lurus yang persamaannya 2x - y = 4 | 2x45 menit |
Standar Kompetensi : ALJABAR
2. Memahami sistem persamaan linear dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel | Sistem Persamaan Linear Dua variabel | Mendiskusikan pengertian PLDV dan SPLDV | Menyebutkan perbedaan PLDV dan SPLDV | Tes lisan | Uraian | Perhatikan bentuk berikut: 4x + 2y = 2 dan x – 2y = 6 a. Apakah bentuk itu merupakan sistem persamaan? b. Ada berapa variabelnya? Sebutkan ! c. Disebut apakah bentuk tersebut? | 2x40mnt | Buku teks dan lingkungan |
Mengidentifikasi SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel | Mengenal SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel | Tes tulis | Uraian | Manakah dari bentuk-bentuk berikut yang merupakan SPLDV? a. 4x + y = 2 dan x – 2y = 3 b. 4x + y ≤ 2 dan x – 2y = 4 c. x + 2y > 2 dan x – y = 4 d. x + 2y – 2 = 0 dan x – 2y = 4 | 2x40mnt | |||
Menyelesaikan SPLDV dengan cara grafik, substitusi dan atau eliminasi | · Menentukan akar SPLDV dengan cara grafik, substitusi dan atau eliminasi | Tes tulis | Uraian | Selesaikan SPLDV berikut ini 3x – 2y = -1 dan -x + 3y = -4. | 4x40mnt | |||
2.2 Membuat model matemati ka dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel | Sistem Persamaan Linear Dua Variabel | 1.1 Mengubah masalah sehari-hari ke dalam model matematika berbentuk SPLDV | · Membuat model matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV | Tes tulis | Uraian | Harga 4 pensil dan 5 buku tulis Rp19 000,00 sedangkan harga 3 pensil dan 4 buku tulis Rp 15 000,00. Tulislah model matematikanya. | 2x40mnt | |
2.3. Menyele-saikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsiran-nya | Sistem Persamaan Linear Dua Variabel | Mencari penyelesaian suatu masalah yang dinyatakan dalam model matematika dalam bentuk SPLDV | - Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya | Tes tulis | Uraian | Harga 4 pensil dan 5 buku tulis Rp 19.000,-; sedangkan harga 3 pensil dan 4 buku tulis Rp 15.000,-. Berapakah harga 10 pensil dan 6 buku tulis? | 4x40mnt |
Standar Kompetensi : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
3.1 Mengguna kan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah | Teorema Pythagoras | Menemukan Teorema Pythagoras dengan menggunakan persegi-persegi | · Menemukan Teorema Pythagoras | Tes tulis | Uraian | Perhatikan gambar berikut:
| 2x40mnt | Buku teks, kertas berpetak, model Pythagoras | ||
Menuliskan rumus Teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku | · Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui | Tes tulis | Uraian | Pada ∆ ABC yang siku-siku di A diketahui bahwa panjang sisi AB = 15 cm, dan panjang sisi BC = 25 cm. Hitunglah panjang sisi AC | 2x40mnt | |||||
Menerapkan Teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku dengan sudut istimewa | · Menghitung perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku istimewa (salah satu sudutnya 300, 450, 600) | Tes tulis | Uraian | Segitiga PQR siku-siku di Q. Bila besar sudut P = 300 dan panjang PR = 10 cm. Hitunglah panjang sisi PQ dan QP. | 4x40mnt | |||||
3.2 Memecah-kan masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras | Menggunakan teorema Pythagoras untuk menghitung panjang diagonal ,sisi, pada bangun datar, misal persegi, persegi panjang, belah ketupat, dsb | · Menghitung panjang diagonal pada bangun datar, misal persegi, persegi panjang, belah ketupat, dsb | Tes tulis | Uraian | Persegi panjang KLMN mempu-nyai panjang KL = 7 cm dan MN = 24 cm. Hitunglah panjang diagonal KN ! | 6x40mnt |
Mengetahui, Cipanas, Juli 2010
Kepala SMPN 3 Cipanas Guru mata pelajaran
Noto Harjono, S.IP., S.Pd. Ihin Solihin, S.Pd.
NIP. 19680513199031006 NIP. 198007052009021006
Silabus
Sekolah : SMP N 3 Cipanas
Kelas : VIII
Mata Pelajaran : Matematika
Semester : II (dua)
Standar Kompetensi : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
4. Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1 Menentu kan unsur dan bagian-bagian lingkaran | Lingkaran | Mendiskusikan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran dengan menggunakan model | · Menyebutkan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran : pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, talibusur, juring dan tembereng. | Tes lisan | Isian | Perhatikan gambar: AB disebut . . . . | 2x40mnt | Buku teks, model lingkaran, dan lingkungan |
4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran | Lingkaran | Menyimpulkan nilai phi dengan menggunakan benda yang berbentuk lingkaran | · Menemukan nilai phi | Tes unjuk kerja | Uraian | Ukurlah keliling (K) dan diameter (d) dari beberapa benda yang berbentuk lingkaran. Kemudian hitunglah hasil dari ! Bilangan berapakah yang didekati oleh hasil pembagian tadi ? | 2x40mnt | |
Menemukan rumus keliling dan luas lingkaran dengan menggunakan alat peraga | · Menentukan rumus keliling dan luas lingkaran | Tes lisan | Isian | Lengkapilah: a. Rumus keliling lingkaran yang berjari-jari p adalah . .. . b. Sebutkan rumus luas lingkaran yang berjari-jari q. | 4x40mnt | |||
Menggunakan rumus keliling dan luas lingkaran dalam pemecahan masalah | · Menghitung keliling dan luas lingkaran. | Tes tulis | Uraian | Hitunglah luas lingkaran jika ukuran jari-jarinya 21 cm dengan ! | 4x40mnt | |||
4.3 Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah | Lingkaran | Mengamati hubungan sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama | · Mengenal hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama | Tes lisan | Uraian | Perhatikan gambar: Bila B pusat lingkaran, maka bagaimana hubungan antara sudut ABC dengan sudut ADC ? | 2x40mnt | |
Menghitung besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama | · Menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama. | Tes lisan | Isian | Lengkapilah: a. Besar sudut keliling jika menghadap diameter lingkaran adalah . .. . b. Besar sudut keliling yang menghadap busur sama adalah . . . . | 2x40mnt | |||
Menghitung panjang busur, luas juring dan tembereng | · Menentukan panjang busur, luas juring dan luas tembereng. | Tes tulis | Uraian | Di dalam lingkaran dengan jari-jari 10 cm, terdapat sudut pusat AOB sebesar 720. () Hitunglah: a. panjang busur AB; b. luas juring OAB; | 4x40mnt | |||
Menemukan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dan menggunakannya dalam pemecahan masalah |
| Tes tulis | Uraian | Seorang anak harus minum tablet yang berbentuk lingkaran. Jika anak tersebut harus minum 1/4 tablet itu dan ternyata jari-jari tablet 0,35 cm. Berapakah luas salah satu permukaan tablet yang ia minum? () | 4x40mnt | |||
4.4 Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran | Lingkaran | Mengamati sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat. | · Menemukan sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat. | Tes tulis | Uraian | Perhatikan gambar! Berapakah besar sudut R? Mengapa? | 2x40mnt | |
Mencermati garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran | · Mengenali garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran. | Tes tulis | Isian | Perhatikan gambar! a. garis PQ pada gambar di atas disebut . . . . b. garis CD pada gambar di atas disebut . . . . | 2x40mnt | |||
Menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran | · Menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar | Tes tulis | Uraian | Panjang jari-jari dua lingkaran masing-masing 7 cm dan 1 cm. Jika jarak antara titik pusatnya 10 cm, berapakah panjang garis singgung: a) persekutuan dalam b) persekutuan luar | 4x40mnt | |||
4.5 Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga | Lingkaran | Menggunakan jangka dan penggaris untuk melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga | · Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga | Tes tulis | Uraian | Diketahui ∆ ABC tumpul. Dengan menggunakan jangka dan penggaris, lukislah: a) Lingkaran dalamnya; b) Lingkaran luarnya; | 4x40mnt |
Standar Kompetensi : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
5. Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.1 Mengiden tifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya | Kubus, balok, prisma tegak, limas | Mendiskusikan unsur-unsur kubus, balok, prisma dan limas dengan menggunakan model | · Menyebutkan unsur-unsur kubus, balok, prisma, dan limas : rusuk, bidang sisi, diagonal bidang sisi, diagonal ruang, bidang diagonal. | Tes lisan | Uraian | W V T U S R P Q Perhatikan balok PQRS-TUVW a. Sebutkan rusuk-rusuk tegaknya b. Sebutkan diagonal ruangnya Sebutkan bidang alas dan atasnya | 2x40mnt | Buku teks, lingkungan, model bangun ruang sisi datar (padat dan kerangka) |
5.2 Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas | Kubus, balok, prisma tegak, limas | Merancang jaring-jaring - kubus - balok - prisma tegak - limas | · Membuat jaring-jaring - kubus - balok - prisma tegak - limas | Tes unjuk kerja | Uraian | Buatlah model balok menggunakan karton manila | 4x40mnt | |
5.3 Menghitung luas permukaan dan volume kubus,balok, prisma dan limas | Kubus, balok, prisma tegak, limas | Mencari rumus luas permukaan kubus, balok, limas dan prisma tegak | · Menemukan rumus luas permukaan kubus, balok, limas dan prisma tegak | Tes lisan | Uraian | 1. Sebutkan rumus luas permu-kaan kubus jika rusuknya x cm. 2. Sebutkan rumus luas permu-kaan prisma yang alasnya jajargenjang dengan panjang alasnya a cm dan tingginya b cm. Tinggi prisma t cm. | 4x40mnt | |
Menggunakan rumus untuk menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma dan limas | · Menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma dan limas | Tes tulis | Uraian | Suatu prisma tegak beralas segitiga sama sisi mempunyai panjang rusuk alas 6 cm dan tingginya 8 cm. Hitunglah luas permukaan prisma | 4x40mnt | |||
Mencari rumus volume kubus, balok, prisma, limas. | · Menentukan rumus volum kubus, balok, prisma, limas | Tes lisan | Uraian | 1. Sebutkan rumus volum: a) kubus dengan panjang rusuk x cm. b) balok dengan panjang p cm, lebar lcm, dan tinggi t cm. | 2x40mnt | |||
Menggunakan rumus untuk menghitung volume kubus, balok, prisma, limas. | · Menghitung volume kubus, balok, prisma, limas. | Tes tulis | Pilihan ganda | Suatu limas tegak sisi-4 alasnya berupa persegi dengan panjang sisi 9 cm. Jika tinggi limas 8 cm maka volume limas :
| 6x40mnt |
Mengetahui, Cipanas, Juli 2010
Kepala SMPN 3 Cipanas Guru mata pelajaran
Noto Harjono, S.IP., S.Pd. Ihin Solihin, S.Pd.
NIP. 19680513199031006 NIP. 198007052009021006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar